Sunday, August 13, 2017

Public Display of Affection, boleh nggak ya?

"Ya ampuuun, gemash ya liat pasangan ini yang akhirnya halal jugaa"
"Ih sekarang gandengan tangannya udah jadi pahalaa, honeymoon nya ke Turki pula. Mauuu"
"Astagahhh, selfie berdua di mobil aja rasanya gemesin banget. Gue kapan ya?" *kemudian gigit jari*

Well, Assalamu'alaikum, everyone! I'm back! kangen aku gaaa?
Mentemen, sekali-sekali bahas yang nyerempet masalah cinta-cintaan nggak apa lah ya? 

Publlic Display of Affection? PDA? maksudnya apa sih? 



Pernah nggak sih temen-temen liat ada pasangan yang gandengan tangan, rangkulan, pelukan, atau bahkan kissing di depan umum? Nah, itu namanya PDA. Simple nya, unjuk kemesraan di depan umum lah. Mungkin kalo di Indonesia -atau di Jakarta khususnya- pegangan tangan atau rangkulan mah udah wajar lah yaa.

Personally, aku sih cenderung risih ngeliat pasangan yang PDA gitu, apalagi kalo dilakuin sama pasangan ABG atau orang-orang yang pacaran. Rasanya kayak, duh belum waktunya aja... Even sama yang udah nikah juga suka ngerasa risih sih kalo liat di mall ada yang mesranya terlalu gimana gitu.

Tapi, PDA yang mau aku bahas di sini tuh bukan PDA yang kayak gitu.. Tapi PDA terselubung yang sering aku liat di medsos, terutama instagram. Kok terselubung? 

Jadi gini, kalo ngeliat ada pasangan kayak selebgram, artis, atau temen-temenku yang update di Instagram sama pacarnya, aku mah cenderung bodo amatan. Nggak peduli, apalagi iri. Ada juga risih hahahaha. Tapi, kalo yang update sama pasangannya itu orang-orang yang -menurutku- alim, shalih/shalihah, yang menikahnya dengan cara yang baik (let's say, taaruf?), aku tuh suka gemaaash, rasanya cute aja. Kalo kata anak zaman sekarang mah, kayak ngeliat relationship goals gitu lah. Kemudian muncul lah komentar-komentar kayak yang aku tulis di awal tadi, dan akhirnya berujung.....iri :" Mau kayak gitu jugaaa.

Duh, ngenes amat yak. 

Yaa pokoknya seneng lah gitu ngeliatnya. Walaupun kadang yang di share cuma foto sederhana, tapi caption fotonya kok ya sweet amaat. Nyeritain keromantisan-keromantisan suaminya gitu.. Awalnya aku mikir kalo itu bisa jadi salah satu cara syiar untuk nunjukin kalo pacaran setelah menikah tuh asik, lho. Berpahala pula. Dengan share keromantisan sama suami juga bisa jadi pembelajaran tentang bagaimana suami-istri seharusnya bersikap. Pokoknya nanti kalo udah nikah mau begitulah. Biar bisa menginspirasi yang lain juga.

Tapi, pemikiran aku itu berubah beberapa hari lalu. Tepatnya waktu ngeliat postingan salah satu desainer muslimah yang nunjukin  DM yang beliau terima. Isi DMnya, ada perempuan yang minta beliau buat bujukin suaminya biar mau berpoligami, soalnya perempuan ini mau jadi istri keduanya! DHUAR banget kan???  Emang sih, desainer muslimah ini lumayan sering share tentang materi rumah tangga sama parenting gitu dari pengalaman-pengalaman pribadinya. Jadi ya lumayan sering juga posting tentang kebaikan-kebaikan yang dilakuin suaminya. Jujur aku sih seneng dan banyak belajar dari postingan-postingan yang suka beliau share ini. Tapi setelah liat DM tadi, aku jadi takut sendiri. Bukan nggak mungkin kan perempuan itu mau jadi istri kedua karena iri ngeliat postingan-postingan yang di share desainer muslimah itu? Kerena mau juga diperlakukan kayak gitu sama suaminya si desainer muslimah?

Duh kok jadi kayak promosiin suami sendiri :"

Sehari setelah liat postingan itu, teh Ghina juga share di IG storiesnya terkait PDA ini. Uhm, beliau nggak pake istilah PDA sih, tapi yaa serupa lah.. Teh Ghina ini dulunya lumayan sering gitu posting foto bareng atau nulis caption tentang suaminya. Tapi sekarang-sekarang ini udah nggak pernah, soalnya Teh Ghina udah sadar bahayanya. Bahaya? Bahaya gimana maksudnya? Yaa kayak yang kejadian sama desainer muslimah tadi itu. Teh Ghina juga pernah ngalamin yang kayak gitu makanya sekarang berusaha nggak gitu lagi karena memang banyakan mudharatnya. 

Coba deh, sebenernya apa sih tujuan kita buat share hal-hal kayak gitu? Untuk berbagi tips tentang berumah tangga? Berbagi kebahagiaan? Mungkin iya. Tapi entah sadar atau nggak, pasti ada niatan untuk pamer, walaupun mungkin sedikiiiiit banget. Kalo kata Teh Ghina mah, nggak mungkin orang-orang yang main medsos nggak pernah pamer. Pasti pernah.

Jujur, aku sebagai 'penikmat' postingan-postingan kayak gitu, nggak jarang dibikin baper bacanya. Bikin pengen cepet-cepet nikah. Mungkin bagus sih untuk memotivasi biar mau cepet nikah, tapi kalo jodohnya emang belum didekatkan sama Allah, gimana dong? Aku mah masih bisa nyantai soalnya umurku memang belum masuk usia urgent-kudu-buru buru-nikah. Tapi kalo dibaca sama orang-orang yang usianya udah cukup, dan orang ini jadi kebelet nikah sementara jodohnya emang belum ada, gimana coba? Kasian kan? 

Aku juga jadi sering mengkhayal buat foto-foto romantis ala ala sama pasangan halal aku nanti, bahkan udah nyiapin caption buat di post di Instagram! LOL banget kan? Pasangannya siapa juga belum tau padahal... Kadang tuh jadi pengen cepet nikah karena ngeliat di Instagram kok kayaknya nikah tuh enak banget ya. Seolah-olah nikah tuh cuma perkara upload foto sweet pas akad/resepsi, upload foto honeymoon, gandengan tangan, ketawa bahagia depan kamera. Padahal kan nggak begitu. Seolah-olah dibikin lupa kalo kehidupan berumah tangga yang ditampilin di instagram itu cuma apa yang terlihat dipermukaan aja.. 

Belum lagi kalo kejadian kayak yang dialamin Teh Ghina sama desainer muslimah tadi. Bahkan Teh Ghina juga bilang kalo ada perempuan yang bersedia jadi istri kedua, padahal kondisinya dia udah punya suami! Dia bersedia jadi istri kedua soalnya sikap dan akhlak suaminya nggak sebaik suaminya Teh Ghina.. Sedih kan.. Mungkin yang berani dan mau jadi istri kedua kayak gitu emang nggak banyak. Tapi berapa banyak orang yang dibikin iri dari postingan-postingan yang kita share? Berapa banyak yang akhirnya merutuki nasib karena suaminya nggak bersikap seperti itu? Dan akhirnya kita jadi penyebab orang jadi hasad, jadi berpenyakit hati... Naudzubillah..

Jadi, buat kakak-kakak shalihah yang udah nikah di luar sana, yuk coba lebih bijak dalam memilih dan memilah untuk share sesuatu ke media sosial.. Nggak mau kan kita jadi penyebab seseorang berpenyakit hati? Kasihani lah sedikit kami-kami yang masih jomblo ini :"


Anyway, Teh Ghina itu siapa sih? Beliau itu muslimah yang lumayan sering share tentang materi-materi keislaman di akun instagramnya. Umurnya cuma setahun lebih tua dari aku tapi wawasan keislamannya ma syaa Allah bangeeeeet. 

Akun instagramnya apa? So sorry aku nggak bisa kasih tau, soalnya katanya Teh Ghina kurang nyaman kalo followersnya terlalu banyak. Padahal sekarang followersnya udah puluhan ribu. Udah terlanjur banyak itumah teeeh wkwkwk

Lo kenal Teh Ghina ini secara personal, Dhe? Enggak. Hahahahahaha. Kenal personal sih emang nggak, tapi seneng aja bacain tulisan-tulisannya jadi rasanya udah mengenal banget gitu wkwkwk


Well, aku juga nggak tau sih kalo aku udah nikah nanti, aku akan bisa commit buat nggak PDA atau nggak. Karena pasti kan nggak gampang ya. Apalagi aku mah masih suka riya' hahahaha. Masih jauh lah dari wanita shalihah panutan nan idaman. Doain ajalah ya semoga aku bisa demikian...

Eh, 

Doain ketemu jodohnya dulu aja deh! Hahahahahaha



Berhubung tulisan ini udah panjang banget, aku cukupkan aja yaa. Semoga ada manfaat yang bisa diambil dari ceritaku yang ngalor-ngidul inih. Heu




Lots of love,


Dhea



2 comments:

  1. *ngutip isi blog mba

    Jadi gini, kalo ngeliat ada pasangan kayak selebgram, artis, atau temen-temenku yang update di Instagram sama pacarnya, aku mah cenderung bodo amatan. Nggak peduli, apalagi iri. Ada juga risih hahahaha. Tapi, kalo yang update sama pasangannya itu orang-orang yang -menurutku- alim, shalih/shalihah, yang menikahnya dengan cara yang baik (let's say, taaruf?), aku tuh suka gemaaash, rasanya cute aja. Kalo kata anak zaman sekarang mah, kayak ngeliat relationship goals gitu lah. Kemudian muncul lah komentar-komentar kayak yang aku tulis di awal tadi, dan akhirnya berujung.....iri :" Mau kayak gitu jugaaa.

    Duh, ngenes amat yak.

    ***

    Saya juga seperti itu, saya sering gemes sampai-sampai iri sama teman saya yang barusan nikah muda.

    Yang namanya PDA (Public Display Affection) baik itu alasannya untuk dakwah, sharing tips mengenai keluarga bahagia itu enggak baik. Malah yang lihatnya bisa jadi iri trus benci sama orang yang PDA itu.

    Kalaupun mau dakwah soal nikah yaaa pikir2 dulu deh mau dakwah kaya gimana, soalnya hari ini banyak bget remaja2 yang dikit2 baper klo lihat selebgram nikah muda, mesra2an sama pasangan halal trus kasih caption dakwah yang menyentuh.

    Salam kenal dari Jkt

    Yuk mampir !

    coretanhatiukhti.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul, setuju mba ehehehe. Salam kenal juga^

      Blognya baguuus. Ku sudah mampir tapi maaf belum sempat meninggalkan jejak :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...